Penanggalan Hijriyah Bukan Hanya Sebuah Perjalanan Kisah

Kita mungkin sudah tahu bahwa, kemarin adalah tanggal 1 Muharram 1430 H…. Tahun baru bagi Umat Islam sedunia….Sebuah penanggalan yang didasarkan pada landasan historis dari hijrahnya junjunan kita, Nabi Muhammad SAW.

Hijrah merupakan suatu cara yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu (para nabi) untuk berlepas diri dari alam kebatilan (kondisi dimana manusia tidak hidup dengan Kitab Allah). Dalam kitab suci Al-qur’an dikenal istilah: IMAN-HIJRAH-JIHAD, yang berarti bahwa hijrah muncul dan dilakukan karena dorongan IMAN atau percaya bahwa kehidupan yang tidak berpedoman kepada Kitab Allah adalah kekafiran, yang akan membawa manusia pada kebinasaan dan kehancuran. Dan percaya bahwa hanya dengan berpedoman kepada Kitab Allah sajalah keseimbangan dapat diciptakan. Atas dorongan kepercayaan tersebutlah maka hijrah dilakukan, yang dimaksudkan untuk meninggalkan segala bentuk kehidupan yang tidak berlandaskan Kitab Allah dan membangun suatu tatanan baru yang berlandaskan kepada KItab Allah. Maka dari itu konsekwensi dari berhijrah adalah berjihad, yakni memperjuangkan apa yang dipercayai tadi (Keharusan Kitab Allah sebagai pedoman).jadi dapatlah disimpulkan bahwa kata hijrah tidak dapat dipisahkan dari kata iman dan jihad.

Selamat Tahun Baru Islam 1430 H……

Penanggalan Hijriyah Bukan Hanya Sebuah Perjalanan Kisah


Tentang djadja

Seorang hamba Allah, ayah, suami, kepala rumah tangga (Commander In Chief), praktisi pendidikan, manajemen dan telematika yang mencoba merunduk di ladang ibadah
Pos ini dipublikasikan di Ibadah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s