GENTA GEMILANG (0604049): Mengapa Dibutuhkan “Mobile Security Software”?

Malware “Mobile Device” selalu bergerak, menyebar jauh melampaui komputer pribadi. Dengan semakin populernya smartphone dan perangkat selular lainnya, timbul peningkatan virus, trojan horse dan worm yang menargetkan perangkat ini. Predator portabel ini dapat mengancam  pada sejumlah bidang; termasuk pesan MMS dan SMS, download konten, Wi-Fi publik, atau melalui sambungan Bluetooth. Perlindungan proaktif  sangat penting untuk melindungi perangkat kita dari setiap sudut. 
Malware Handphone  dapat menyebabkan sejumlah masalah serius. Sebuah virus seluler dapat mengeringkan baterai ponsel Anda dengan sangat cepat, menghapus informasi penting pribadi dan bisnis, bahkan membuat beberapa fitur tertentu benar-benar tidak dapat berfungsi. Virus tidak hanya dapat  menonaktifkan fungsi pada telepon Anda, mungkin juga “snoopware” mengendalikan itu, mengubah perangkat mobile Anda menjadi “tape recorder”. Ia bahkan bisa mengubah fungsi kamera dan mengambil gambar! 
Tapi gangguan virus tidak berhenti di situ. Sebuah virus pada smartphone  dapat mengirim file yang terinfeksi ke kontak Anda atau mentransfernya ke komputer ketika Anda menghubungkannya atau mengsinkronisasi. Dan bagaimana dengan mengirimkan pesan massal tanpa izin Anda, atau membuat panggilan mahal sehingga ada penagihan tidak beralasan? Malware dapat melakukannya juga. 
Tidak semua ancaman adalah program virus jahat. Tidak hanya informasi Anda berisiko dari “mobile predator”, ukuran kompak perangkat mobile membuat mereka lebih mudah untuk hilang. Bila harganya mahal, itu jadi target utama bagi pencuri. Bila Anda meninggalkan ponsel Anda di taksi atau di restoran yang sibuk, perangkat lunak keamanan “mobile” semestinya telah  tertutup. Ada beberapa program perangkat lunak keamanan mobile yang dapat membantu Anda mencegah program jarak jauh pada perangkat mobile Anda, menghapus informasi berharga dan bahkan memata-matai pencuri Anda, atau mendapatkan perangkat Anda kembali! 
“Mobile Security” secara proaktif melindungi ponsel Anda dari ancaman smartphone. Anda bisa beristirahat tenang karena mengetahui bahwa informasi dan identitas  juga file bisnis Anda aman. Perlindungan Antivirus dan pengaturan firewall telah menjadi standar untuk rumah dan bisnis komputer, begitu pula “Smartphone”. Mengapa perangkat mobile Anda (yang sering mengandung informasi pribadi penting dan rahasia bisnis) terus menjadi risiko serius? Dengan solusi mobile yang tepat, anda tidak harus mengorbankan keamanan untuk mobilitas anda. 
Apa yang Harus Diperhatikan dalam “Mobile Security Software” 

Beberapa program perangkat lunak berperforma lebih baik dibandingkan yang lain, dan lebih mudah untuk digunakan. Dalam menentukan solusi keamanan yang tepat untuk Anda dan telepon Anda, perlu diketahui berapa banyak perlindungan yang Anda perlukan dan program perangkat lunak apa yang akan mendukung. Berikut adalah kriteria untuk mengevaluasi   perangkat lunak keamanan mobile. 
Efektivitas 
Perangkat lunak Mobile Security ini harus baik sebagai pelindung. Terlepas dari bagaimana programnya atau  fungsi tambahan fiturnya, harus efisien dan efektif melindungi telepon Anda. Sistem keamanan mobile yang baik akan menggabungkan antivirus, antispam, dan firewall  dengan perlindungan keamanan secara realtime. 
Fitur-fitur 
Sebuah solusi keamanan mobile yang baik akan memiliki fitur tambahan yang membantu dalam menjalankan program dan efektif melindungi perangkat. Kuncinya termasuk semua fitur yang tepat dengan tanpa membebani pengguna (dan sistem memori). 
Kemudahan Penggunaan 
Perangkat lunak yang baik harus mudah digunakan, terlepas dari apakah itu pada PC atau perangkat mobile. Dengan sumber daya  dan ukuran ponsel yang terbatas, adalah sangat penting bahwa perangkat lunak keamanan bersifat langsung dan mudah dinavigasi. Antarmuka dan navigasi harus memfasilitasi dan membantu pengguna dalam melindungi smartphone tanpa membuang-buang waktu hidup baterai yang berharga dengan membatasi sumber dayanya. 
Instalasi & Updates 
Menginstal perangkat lunak pada ponsel tidak harus sulit. Apakah Anda unduh secara langsung ke ponsel Anda atau sinkronisasi ke PC, instalasi hendaklah cepat dan mudah. Karena  perlindungan yang paling up-to-date sangat penting, pembaruan juga harus diberikan secepat mungkin, dan disampaikan secara efisien. 
Technical Help / Support 
Perangkat lunak keamanan Mobile yang ideal  tidak perlu dokumentasi dan bantuan lebih lanjut untuk membantu pengguna, namun tetap menyediakan itu. Bantuan dan dukungan teknis atau pertanyaan lain yang harus disediakan dalam berbagai format, termasuk telepon, email, dan online chatting. Bantuan online juga harus tersedia, termasuk instruksi manual dan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan.

Tentang djadja

Seorang hamba Allah, ayah, suami, kepala rumah tangga (Commander In Chief), praktisi pendidikan, manajemen dan telematika yang mencoba merunduk di ladang ibadah
Pos ini dipublikasikan di Ilmiah, Lecture, Pemikiran, Pendidikan, Telematika dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s