“4 C” Karakteristik Intan: Kejelasan (Clarity), Warna (Colour), Potongan (Cut) dan Carat (Berat)

4C di Coster Diamonds

Beberapa waktu yang lalu saya  mengunjungiCoster Diamonds” yang beralamat di Paulus Potterstraat 2-6, 1071 CZ Amsterdam, The Netherlands. Disana saya diberikan penjelasan seluk-beluk Grading (tingkatan) batu intan/permata yang didasarkan pada karakteristik yang dikenal sebagai “4 C”. Kejelasan (Clarity), Warna (Colour) dan Potongan/Proporsi (Cut) adalah elemen kualitas yang bersama-sama dengan Carat (Berat)menentukan nilai batu intan. Kejelasan (Clarity) sering diasumsikan sebagai faktor yang paling penting dari semua “C”, pada kenyataannya , warna dan potongan  memiliki nilai lebih mendalam  mempengaruhi  tampilan visual dari berlian.

Carat (Berat)

Carat Approximate MM Diameter

“Carat” adalah satuan berat untuk semua batu permata . Satu karat dibagi menjadi 100  “poin”. Oleh karena itu berlian berukuran 75 poin adalah 3/4 karat beratnya atau 0,75ct . Ada lima karat dalam 1 gram. Kata “karat” berasal dari benih pohon “carob pod” yang ditemukan di iklim tropis . Biji ini digunakan hingga abad ini untuk menimbang permata.

Clarity (Kejelasan)

Clarity Grading Scale

Kejelasan berlian ditentukan oleh jumlah, sifat, posisi, ukuran dan warna karakteristik internal yang disebut “inklusi” dan fitur permukaan yang disebut “cacat “. Penyimpangan ini terjadi dalam magma cair (batu vulkanik) di mana berlian diciptakan . Berlian sebagian besar karbon murni , namun, mungkin selama kristalisasi mineral lain di dekatnya, atau  potongan lain karbon terbentuk lebih cepat  dan terperangkap di dalam massa pendinginan. Ini menunjukkan  berbagai karakteristik yang membentuk kejelasan berlian. Kejelasan diukur pada skala mulai dari murni (sempurna) yang disebut I-3​​. Kejelasan intan  dinilai dengan menggunakan perbesaran 10X di bawah pencahayaan yang baik oleh seseorang berpengalaman. Kelas kejelasan tahap akhir biasanya ditentukan oleh seberapa mudah inklusi dan noda  untuk melihat.

Colour (Warna)

GIA color-grading scale

Idealnya , berlian seharusnya tidak memiliki warna sama sekali, seperti setetes air mata. Tingkatan derajat warna  diukur pada skala mulai dari tidak berwarna sama sekali (D) sampai sangat berwarna (Z). Skala warna  di atas “Z” adalah rentang di mana berlian adalah hidup dan kaya, yang disebut “warna mewah”. Berlian warna dikenal digunakan sebagai batu pembanding untuk grading warna.

Grading dilakukan dengan membandingkan berlian yang akan dinilai terhadap  “Master Stone” dengan sinar alami utara di siang hari (di belahan bumi utara). Sebuah mesin yang disebut “Colorimeter” dapat digunakan untuk grading warna tapi tidak ada pengganti untuk mata manusia yang terlatih .

Cut (Potongan)

Potongan, memastikan bahwa batu memiliki kecemerlangan dan kilauan maksimum  yang tidak akan terjadi bila memotong batu permata secara acak.

Skala di atas digunakan  untuk kelas batu pada penampilan permata itu secara keseluruhan. Proporsi menunjukkan sudut dan persentase untuk putaran brilian memotong berlian, tetapi ini juga sudut dan persentase untuk pemotong berlian dan grader. Sederhananya , ketika melihat berlian, jika tidak menangkap mata Anda atau jika tidak berkerlip dalam cahaya, itu mungkin dipotong secara tidak baik . Pemotongan yang baik adalah apa yang dinamakan “membawa api dalam es” .

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=NASIwmHjRXc]

Tentang djadja

Seorang hamba Allah, ayah, suami, kepala rumah tangga (Commander In Chief), praktisi pendidikan, manajemen dan telematika yang mencoba merunduk di ladang ibadah
Pos ini dipublikasikan di Liputan, Pribadi, Wisata dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke “4 C” Karakteristik Intan: Kejelasan (Clarity), Warna (Colour), Potongan (Cut) dan Carat (Berat)

  1. cha'e berkata:

    Permisi Mas, saya salah satu admin jewelery workshop di Jakarta. Saya minta izin untuk membagi pengetahuan tentang berlian ini di twitter ya. Terima kasih sebelumnya

  2. ahacorp berkata:

    terimakasih atas informasinya bos

  3. Intan Berlian berkata:

    Artikel yang menarik.. Bisa saya jadikan referensi. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s