Kategori
Amerika Business Diklat Innovation Liputan Manajemen Nostalgia Pemangku Kepentingan Perjalanan Wisata

Pengalaman di Amerika: Mengemudikan Mobil Sewaan Dengan SIM (Surat Izin Mengemudi) Bandung

Pertama kali mengemudikan mobil di Amerika saat menyewa dari Thrifty Car Rental tahun 1995 seputaran Negara Bagian Carolina Utara berbekal Surat Izin Mengemudi Kota Bandung saat On the Job Training di AT&T Bell Labs. Selain American Express, saat itu SIM tersebut bisa dijadikan prasyarat menyewa mobil karena ada tulisan Surat Izin Mengemudinya (Driving License). Mobil disewa dari agen Thrifty Car Rental dekat Bandara Raleigh–Durham International Airport. 😉

Thrifty Car Rental adalah salah satu perusahaan persewaan mobil terbesar di dunia dan merupakan anak perusahaan The Hertz Corporation dengan kantor pusat di Estero, Florida.

Didirikan pada tahun 1958 sebagai Thrifty Rent a Car System, Inc., perusahaan ini telah berkembang dengan mantap selama beberapa dekade. Melalui toko yang dimiliki perusahaan dan waralaba, Thrifty sekarang mengoperasikan lebih dari 4.000 lokasi bersama dengan perusahaan induk Hertz dan perusahaan saudaranya, Dollar Car Rental. Thrifty adalah salah satu merek yang paling dikenal luas di industri perjalanan yang melayani pelancong bisnis dan rekreasi yang sadar biaya.

Mobil yang dipakai saat itu adalah Chrysler Neon yang lagi hit saat itu. Pertama kali juga pakai mobil Transmisi otomatis dan meluncur berbekal peta kertas berukuran besar yang harus dilihat saat mengemudi. Chrysler / Dodge / Plymouth Neon adalah mobil kompak penggerak roda depan bermesin depan yang diperkenalkan pada Januari 1994 untuk model tahun 1995 oleh divisi Dodge dan Plymouth Chrysler dalam gaya bodi dua dan empat pintu selama dua generasi. Dipasarkan di Eropa, Meksiko, Kanada, Jepang, Mesir, Australia dan Amerika Selatan sebagai Chrysler, Neon ditawarkan dalam berbagai versi dan konfigurasi selama masa produksinya, yang berakhir dengan model tahun 2005. Sesuai namanya, Rental mobil ini termasuk murah. Dengan 63 Dollar/hari atau sekitar Rp 130.000 saat itu. Walaupun murah, pelayanan yang diberikan memuaskan dan tidak murahan.

Chrysler Neon - Wikipedia

Saat itu dari Airport saya menuju Durham sebuah kota dan ibu kota Durham County di negara bagian Carolina Utara AS. Sebagian kecil dari batas kota meluas ke Orange County dan Wake County. Biro Sensus A.S. memperkirakan populasi kota menjadi 274.291 pada 1 Juli 2018, menjadikannya kota terpadat ke-4 di Carolina Utara, dan kota terpadat ke-79 di Amerika Serikat. Kota ini terletak di bagian timur-tengah wilayah Piedmont di sepanjang Sungai Eno. Durham adalah inti dari Area Metropolitan Durham-Chapel Hill empat daerah, yang memiliki populasi 542.710 pada Perkiraan Penduduk AS Sensus 2014. Kantor Manajemen dan Anggaran AS juga memasukkan Durham sebagai bagian dari Area Statistik Gabungan Raleigh-Durham-Chapel Hill, umumnya dikenal sebagai Segitiga Riset, yang memiliki populasi 2.037.430 pada Perkiraan Populasi Sensus AS 2014.

Setelah itu saya meluncur ke Cary / ˈkæri / kotamadya terbesar ketujuh di Carolina Utara. Cary sebagian besar berada di Wake County, dengan area kecil di Chatham County di negara bagian Carolina Utara AS dan merupakan kotamadya terbesar kedua di kabupaten tersebut, serta kota terbesar ketiga di The Triangle of North Carolina setelah Raleigh dan Durham.

Populasi kota adalah 135.234 pada sensus 2010 (meningkat 43,1% sejak 2000), menjadikannya kota terbesar dan kotamadya terbesar ketujuh di seluruh negara bagian. Pada Juli 2019, perkiraan populasi kota adalah 170.282, meskipun Cary masih diklasifikasikan sebagai kota karena begitulah cara bergabung dengan negara bagian. Cary adalah kota berbadan hukum terpadat kedua (hanya di belakang Gilbert, Arizona) di Amerika Serikat.

Menurut Biro Sensus AS, Cary adalah kota kelima dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Serikat antara 1 September 2006, dan 1 September 2007. Pada 2015, Cary memiliki tingkat kejahatan 84 kejahatan dengan kekerasan per 100.000 penduduk. [8] Charlotte, kota terbesar di Carolina Utara, memiliki tingkat kejahatan kekerasan 648 kejahatan kekerasan per 100.000 penduduk, hampir delapan kali lebih tinggi dari Cary.

Raleigh, Durham, dan Chapel Hill merupakan tiga wilayah metropolitan utama di wilayah metropolitan Segitiga Riset. Julukan regional “The Triangle” berasal setelah penciptaan Research Triangle Park pada tahun 1959, yang terutama terletak di County Durham, empat mil dari pusat kota Durham. RTP dibatasi di tiga sisi oleh kota Durham dan kira-kira di tengah-tengah antara kota Raleigh dan Chapel Hill, dan tiga universitas riset utama dari NC State University, Duke University, dan University of North Carolina-Chapel Hill berdekatan dengan tujuan saya AT&T Bell Labs.

Pada saat pulang ke Indonesia mengalami pengalaman sedikit mendebarkan. Saya khan baru pertama kali nyetir dan agak terlambat dari Compton Inn Cary, Carolina Utara (Cary, North Carolina) ke bandara Raleigh-Durham International Airport (RDU), tambah lagi mengemudi dengan peta kertas yang besar itu. Sempat kesasar ke sebuah perumahan dan berhenti dulu untuk lihat peta agar tidak tersesat lagi.

Dengan keyakinan kuat (walaupun degdegan) akhirnya bisa sampai outlet Thrifty Car Rental di Raleigh-Durham International Airport (RDU). Setelah itu langsung menuju counter Check-In Southwest Airlines dan tepat waktu karena pesawat menuju Seattle-Tacoma International Airport mengalami Delay.

Suatu pengalaman yang sangat berharga setelah OJT Datakit VCS / Switched virtual circuit yang bisa dibaca sebagai berikut:

https://telematikapembebas.wordpress.com/2017/03/31/berkenalan-dengan-datakit-switch-virtual-circuit-yang-dikembangkan-oleh-sandy-fraser-di-bell-labs/

Oleh djadja

Seorang hamba Allah, ayah, suami, kepala rumah tangga (Commander In Chief), praktisi pendidikan, manajemen dan telematika yang mencoba merunduk di ladang ibadah

2 replies on “Pengalaman di Amerika: Mengemudikan Mobil Sewaan Dengan SIM (Surat Izin Mengemudi) Bandung”

[…] Aku mengamati lanskap dan melihat dua peluang yang signifikan. Yang pertama adalah untuk mengikuti proyek Datakit ke dalam produksi. Saya telah membawa Datakit dari konsep ke produksi dan dianggap sebagai Guru desain. Pilihan lainnya adalah untuk pindah dari Bell Labs untuk Bellcore dan mulai lagi. Penawaran ini dibumbui oleh promosi untuk anggota penuh staf teknis. Bellcore adalah sebuah perusahaan baru dan tidak membatasi transisi ini sebagai Bell Labs lakukan. Saya akan memiliki kantor sendiri dan laboratorium dan tangan yang bebas untuk memulai sebuah proyek penelitian baru. Pilihannya adalah antara posisi aman dengan tidak ada kesempatan kemajuan atau promosi tanpa jaminan dan “cukup tali untuk menggantung diri”. Saya memilih untuk mengambil kesempatan saya di Bellcore.Ada pengalaman mernaikPertama kali mengemudikan mobil di Amerika saat menyewa dari Thrifty Car Rental tahun 1995 seputaran Negara Bagian Carolina Utara berbekal Surat Izin Mengemudi Kota Bandung saat On the Job Training Datakit VCS di AT&T Bell Labs:https://djadja.wordpress.com/2020/09/10/pengalaman-di-amerika-mengemudikan-mobil-sewaan-dengan-sim-s… […]

Tinggalkan komentar